//
you're reading...
Agama dan BUdaya

Idul Fitri di Kogan Creek


LEBARAN

Seperti tradisi orang indonesia kalau lebaran yaa ngucapin Selamat Hari Raya Idul Fitri mohon Maaf Lahir dan Batin…

Bener ini memang hanya tradisi unik kita, ditambah tradisi mudik yang lebih unik dan seolah olah seperti ajaran agama saja.. Saya pikir ini tradisi baik.. perlu dilestarikan (tapi mahal ongkosnya..)

Tapi coba budaya mudik itu tidak ada kapan kita berkesempatan silaturahmi dengan keluarga besar, dengan sahabat lama, dengan relasi baru, dengan calon mantu, dengan calon besan dan sebagainya.

Tapi juga banyak yang menjadikan mudik sebagai show of force, pamer keayaan pamer kesuksesan.. emm tapi itu baik juga biar memicu yang lain untuk bekerja keras (saya pikir yg positif saja).

Tapi kali ini sudah Mudik bertemu keluarga tidak bisa kami rasakan, Dan juga sholat id  yang kalau di kampung halaman ku ngumpul satu keluarahan di lapangan apa lagi.. oh iyaa hal ini yang menambah kuat niatku waktu mudik..

Coba bayangin satu kelurahan yang terdiri dari 4000 KK, yang >80% muslim ngumpul bersama anak cucu untuk sholat Id.. Masyaalloh! kelihata Rukun, Kuat dan KOKOH persaudaraan sensama muslinya, tidak mengenal dari aliran apa, juga dari pemahaman fersi siapa. Walaupun buka puasanya tidak bersama kadang2, tetapi untuk sholat ID musti bareng.

Juga bersama keluargaku sendiri anak, dan Istri tidak bisa ngumpul… mereka juga tidak mudik karenan bapaknya nggak bisa menemani, jadi mereka menunggu perumahan yang di tinggal banyak penghuninya pulang kampung. Yaa mungkin untuk mengimbangi Aku yang berada di tanah sebrang ini jadi bisa merasakan hal yang mirip..

Hikmahnya apa? Ternyata dengan keberadaanku disini mempunyai hikmah yang banyak tentunya.. salah satunya saya menjadi Khotib dan Imam Shoilat IDul Fitri. Kalau jadi Khotib sholat Jumat pernah tapi untuk sekarang ini Sholat Hari Raya…Baru kali ini.

Upss jangan takjub Imam dan Khotib disini karena memang ngagak ada pilihan lain selain saya, lagiaan makmumnya cuman 2 orang hehehe.

About 3setiyanto

Lahir di lereng lawu, Dekat kebun Teh dan Kopi tapi barubelajar cara menikmati Teh dan Kopi

Diskusi

Belum ada komentar.

tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 475,480 hits

my facebook

terbanyak dibaca

%d blogger menyukai ini: