//
you're reading...
Ekonomi Politik

Anthurium VS Krisis di AS


Beginilah kalau ketamakan finasial melanda dunia. Saya pernah mengungkapkan hubungan antara Melambungnya harga minyak dengan melambungnya harga Anthurium di Indonesia. Pada waktu itu minyak masih naik terus. Dan saya yakin kasus minyak waktu itu sama dengan kasusnya anthurium di jawa tengah khususnya di karanganyar. Barang nya yang dihargai berpuluh2 kali lipat dari nilai ekonomisnya. Demikian pula minyak yang semakin naik, hingga yang kata pakar hanya perlu di keluarkan $35.00 perbarel untuk ngambil minyak tapi dijual sampai $140 perbarelnya, jadi sebenarnya kalau harga $60-$70 dolar adalah masih wajar, lebih dari itu adalah ulah spekulan atau orang yang latah mau ngambil untung banyak kayak pedagang Anthurium.. Akhirnya blug ..bruss..sekarang harga minyak menuju ke posisi yang wajar.

Lha ternyata Krisis di AS sama polanya dangan hal diatas lihat blog saya tentang tulisan krisis di AS dari seorang pengamat ekonomi (dibawah tulisan ini). Mereka rame2 latah beli Rumah, dan harga rumah melejit melebihi harga yang wajar. Dan beli rumah ternyata pakai uang kredit… terus.. semua berlomba2 beli rumah. Bank juga mengira invest ke properti menguntungkan hingga tidak mengontrol kebijakan kreditnya dengan baik, bahkan ada yang hanya dengan jaminan 5% atau bahkan tanpa uang muka.. Hasilnya, begitu mereka sadar dan bank mulai melakukan control harga rumah berhenti naik atau kemudian malah terjun bebas. akibatnya.. Banyak penunggak utang dan seterusnya….. hingga akhirnya mennggoncang ekonomi Amerika.

Jadi Erat sekali kaitannya antara Krisis Financial dengan Tragedi Anthurium di Jawa Tengah (Karanganyar), mereka mempunyai pola yang sama walau terletak berjauhan.. Mungkin sama2 mempunyai sifat sisi kerakusan finasial yang sama.. Cuma di Jawa tengah dampaknya tidak begitu luas, dan jumlahnya belum begitu besar untuk menggoyang ekonomi nasional.

wallohu a’lam

About 3setiyanto

Lahir di lereng lawu, Dekat kebun Teh dan Kopi tapi barubelajar cara menikmati Teh dan Kopi

Diskusi

Belum ada komentar.

tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 475,480 hits

my facebook

terbanyak dibaca

%d blogger menyukai ini: