//
you're reading...
Ekonomi Politik

Mac’Guy Vs PC Guy (iklan mac vs PC “Microsoft”)


Bagian 60 dari 100
Mac vs. PC: Clarifying Your Persona
Kamis, 30 Oktober 2008 | 07:23 WIB


st1-:*{behavior:url(#ieooui) }

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-style-parent:””;
font-size:11.0pt;”Calibri”,”sans-serif”;
mso-fareast-“Times New Roman”;
mso-bidi-“Times New Roman”;}
PERNAH melihat klip iklan dari Apple yang judulnya “Mac vs. PC”? Iklan ini memang tidak masuk ke Indonesia. Tapi Anda bisa melihatnya di Internet. Coba saja masuk ke situs YouTube dan mengetikkan kata kunci seperti “Mac vs PC”, “I’m a Mac, I’m a PC” atau “Get a Mac”. Nah, Anda akan mendapatkan puluhan klip iklan ini yang siap dilihat.

Iklan ini sederhana, unik, dan kreatif. Penggarapannya sangat minimalis, hanya menampilkan dua orang sebagai karakter utama yang saling bicara satu sama lain dengan latar-belakang tempat yang warnanya putih semua. Karakter yang pertama tubuhnya ramping dan pakaiannya kasual: sepatu sneaker, celana jins, dan T-shirt polos berwarna gelap. Karakter satunya lagi tubuhnya agak gemuk, mengenakan kacamata, dan berpakaian resmi yaitu jas lengkap dengan dasi.

Kalau Anda tahu sosok Steve Jobs dan Bill Gates, kira-kira seperti itulah penampilan kedua karakter yang ada di iklan ini. Karakter pertama mirip Steve Jobs muda yang minus kacamata, kumis, dan brewok, sementara karakter kedua mirip Bill Gates. Karakter pertama namanya “Mac Guy”, diperankan oleh aktor Justin Long, sementara karakter kedua namanya “PC Guy” dan diperankan oleh seorang penulis dan humoris bernama John Hodgman.

Iklan ini punya banyak seri. Keseluruhannya ada sekitar 50 iklan. Selain versi Amerika dengan para pemeran di atas, iklan ini juga ada versi Inggris dan Jepangnya. Di kedua negara tersebut, orang yang memerankan kedua karakter tadi merupakan aktor-aktor lokal di kedua negara. Tapi secara keseluruhan iklannya sebenarnya sama, cuma beda pemeran saja.

Nah, iklan yang dibuat oleh advertising agency TBWA-Media Arts Lab ini selalu dibuka dengan karakter Mac Guy memperkenalkan diri dengan mengucapkan kalimat Hello, I’m a Mac…” disusul karakter PC Guy yang mengucapkan kalimat “…And I’m a PC”. Tiap seri iklan punya plot serupa. Kedua karakter tadi pertama-tama memperkenalkan diri, lalu saling bicara tentang diri mereka masing-masing. Perbandingan kemampuan dan atribut masing-masing merupakan metafora dari komputer Mac dan PC. Karena ini memang iklan dari Apple, Mac Guy selalu digambarkan lebih unggul dibandingkan PC Guy.

Pada iklan versi “Virus” misalnya, PC Guy digambarkan sedang terkena demam dan mengingatkan Mac Guy agar menjauhinya, sambil berkata ada 114 ribu virus yang dikenal untuk PC.” Mac Guy menjawab bahwa virus yang menyerang PC Guy tidak akan mempengaruhinya. PC Guy yang sedang demam akhirnya jatuh pingsan ke lantai, seakan menggambarkan situasi crash’ yang biasa terjadi jika sebuah PC terkena virus komputer.

Versi lainnya sama saja, Mac Guy selalu lebih unggul dan tampak keren. Pada versi Restarting”, ketika Mac Guy dan PC Guy sedang saling bicara, PC Guy tiba-tiba terdiam dan mengulangi pembicaraan sebelumnya. Ini seolah menyindir PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows yang sering nge-hang dan kadang terpaksa di-restart. Agak nyelekit memang, namun bisa membuat kita tersenyum karena disampaikan dengan nada humor.

Seri iklan yang pertama kalinya diluncurkan pada 2 Mei 2006 dan masih terus diproduksi versi barunya sampai sekarang—seri terakhir diluncurkan pada 18 Agustus 2008 lalu—memang sudah jadi fenomena tersendiri.

Steve Jobs dan Bill Gates—yang asli—bahkan sempat membahas soal seri iklan ”Mac vs. PC” ini. Bill Gates dikabarkan tidak menyukai seri iklan tersebut. Ia sempat mengemukakan hal ini saat diwawancarai Steven Levi, editor senior Newsweek International, yang juga sering meliput perkembangan Apple, pada Februari 2007.

Namun, pada acara “D: All Things Digital Conference” pada 31 Mei 2007 yang menghadirkan Steve Jobs dan Bill Gates pada satu panggung, keduanya justru sempat menanggapi iklan tersebut dengan nada ringan. Pada acara yang diselenggarakan oleh The Wall Street Journal itu, Jobs berkata, The art of those commercials is not to be mean, but it’s actually for the guys to like each other…PC guy is great, he’s got a big heart.” Ini kemudian ditimpali oleh Gates sambil tersenyum, “His mother loves him.”

Kedua orang ini—Steve Jobs dan Bill Gates—walaupun bersaing sejak dulu, namun memang saling menghormati satu sama lain. Jobs menghormati Gates atas peranannya dalam merintis dan mengembangkan industri perangkat lunak. Sementara Gates memuji kemampuan Jobs dalam memimpin pasar dengan mengembangkan produk yang inovatif.

Apa yang bisa dipelajari dari kisah ini? Ini menunjukkan bahwa karakter sebuah brand harus di-Clarify dalam benak konsumen. Caranya bukan sekadar dengan membuat slogan atau tagline, seperti yang biasa dilakukan dalam membangun positioning. Namun dengan memperjelas karakter brand tersebut.Clarifying your persona” inilah yang menjadi salah satu ciri khas dari New Wave Marketing.

— Ringkasan tulisan ini bisa dibaca di Harian Kompas —

Hermawan Kartajaya

About 3setiyanto

Lahir di lereng lawu, Dekat kebun Teh dan Kopi tapi barubelajar cara menikmati Teh dan Kopi

Diskusi

One thought on “Mac’Guy Vs PC Guy (iklan mac vs PC “Microsoft”)

  1. We all retweeted each other’s blog post links for a period of 30 days,
    bringing us all more traffic and visibility online.
    Are you buying a new couch or writing a report on the effects of social media marketing.
    Telling people or ‘broadcasting’ a message
    will not help you to market any product. In the event you build a blog, you have a big database of articles from which to choose to add to ones
    Twitter database.

    Posted by twitter marketing an hour a day | September 20, 2014, 10:04 am

tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 475,330 hits

my facebook

terbanyak dibaca

%d blogger menyukai ini: