//
you're reading...
Agama dan BUdaya

Jahada Jahidu Ijhad Jihadan Mujahid


asalkata jahada=dia bersungguh2

jihadan=Bersama pemimpin untuk bersunggguh memerangi kemungkaran, bersungguh2 sekuat harta/ tenaga untuk mempertahankan dan menyebarkan keyakinan.

Jenis= dimulai dengan harta benda yang kemudian dilnjutkan dengan diri pribadi atau jiwa.

Pernah ikut latihan beladiri? Pencak silat, Karate, Taekwondo atau Kungfu?

Apa yang diajarkan disana…

Biasanya murid yang baru belajar diajari bagaimana bisa kuda2 yang benar, kuda2 ini adalah posisi badan yang benar ketika kita melakukan gerakan,tangkisan,pukulan ataupun tendangan. Karena berbagai jenis gerakan ataupun penyerangan maka jenis kuda2 pun juga macam2.

Setelah kuda2 dasar cukup dipelajari yang juga disisipkan disitu unsur pertahanan dan penyerangan dengan sedikit demi sedikit pada level atas dari seni bela diri baru diajarkan Filosophi tiap jenis beladiri. Ada yang lari ke ilmu kebatinan dan klenik, ada yang memang menuju kepada philosophy keharmonisan hubungan manusia dengan manusia lain dan alam, ada memang yang filsafat pertahanan terbaik adalah penyerangan yang terarah dan seterusnya banyak filsafat yang membackground-i masing2 seni bela diri.

Sampai disini lalu apa hubungannya dengan JIHAD dalam Islam?

Sebenarnya sama saja anggap Islam itu sebagai ajaran bela diri, maka pada awal anda diajari bagaimana dasar2 islam itu dibina yang kemudian diatasnya di bangun bengunan2 lain yang merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan Islam itu sendiri. Dan Jihad adalah merupakan salah satu bagian bangunan penting yang berfungsi melindungi bangunan islam dari kerobohan.

Kalau bela diri anda diajari kuda2, jurus menghindar, jurus tipuan langkah2 kaki atau tangkisan tangan serangan, pukulan atau tendangan malah bahkan dengan menggunakan alat dan kemudian baru diajari inti filsafat dari ajaran beladiri itu, maka dalam islam berkebalikan cara. Anda diajari dasar2 nilai kebaikan dulu dasar philsapat ketetundukan manusia atas kekuasaanya tuhan penguasa alam baru di bagian akhir untuk mengamankan ajaran itu semua di ajarkan semangat Jihad, untuk melawan kemungkaran, untuk mempertahankan kepercayaan ataupun hak miliknya, ataupun untuk menghilangkan kemungkaran.

Jadi bukanlah suatu yang alamiah ajaran ini? bagaimana ajaran yang baik tidak mengajarkan bagaimana ajaran itu di pertahankan? Kalau dalam suatu ajaran tidak diajarkan bagaimana cara melindungi dan mempertahankan itu maka akan membuat ajaran itu punah dan tidak bertahan lama. Atau kalau ajaran itu masih bertahan maka banyak tambahan sana sini yang akhirnya menghilangkan keautentikan ajaran itu dan menghilangkan roh kebenaran ajaran itu.

Jadi JIHAD adalah suatu bagian alamiah suatu ajaran agar Pesan moral ataupun Pokok Peribadatan ajaran awalnya terjaga dan tidak akan punah bahkan bertahan ataupun bisa berkembang sampai masa2 mendatang (insyaalloh).

Bukankah pembuat ajaran itu sang Maha Cerdas? jadi adalah bodoh yang mengaku islam tetapi ingin menghilangkan ajaran penting ini atau merubah ajaran penting ini dengan tafsiran2 lembek lainnya yang akan membuat ajaran ini tidak surfife dimasa mendatang.

wallohua’lam

About 3setiyanto

Lahir di lereng lawu, Dekat kebun Teh dan Kopi tapi barubelajar cara menikmati Teh dan Kopi

Diskusi

Belum ada komentar.

tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 475,480 hits

my facebook

terbanyak dibaca

%d blogger menyukai ini: