//
you're reading...
macem - macem

AKSI ISRAEL MERUNTUHKAN NEGARANYA SENDIRI


Berita ini saya ambil dari Kompas, sokurlah sekarang kompas nggak “arogan” untuk mengkampanyekan pendiriannya tentang isu  Timur Tengah                                                                                                           kepada pembacanya, atau dengan cara lain? atau memang mulai berubah visi?
Sebuah mortir Israel menghantam kota Beit Hanun, Gaza utara, Jumat (91/1).

Selasa, 13 Januari 2009 | 09:36 WIB

Laporan wartawan Kompas Imam Prihadiyoko

JAKARTA, SELASA – Pandangan yang disampaikan Presiden Iran Ahmadinejad tentang hilangnya Israel, merupakan sebuah keniscayaan. Pasalnya, Israel sekarang sedang menuliskan nasib keruntuhannya sendiri dengan memperlihatkan kebiadabannya sebagai bangsa, sebuah sikap yang tidak bisa diterima dalam norma universal bangsa-bangsa saat ini. Demikian diungkapkan Ketua Badan Penelitian dan Pengembangan Partai Amanat Nasional Sayuti Asyathri di Jakarta, Selasa (13/1).

Melalui tindakannya, Israel dianggap sedang mendorong publik internasional untuk mulai percaya bahwa Israel tidak memenuhi syarat sebagai negara yang beradab. “Dengan tindakan yang brutal dan biadab pada wanita, anak-anak, dan pers, serta terhadap bantuan kemanusiaan, maka Israel semakin memastikan suatu waktu, akan dipaksa bubar sebagai suatu negara. Dan publik internasional tidak merasa menyesal jika Israel bubar,” ujar Sayuti Asyathri.

Sebuah negara bisa runtuh, menurut Sayuti, jika memenuhi dua syarat. Pertama, dukungan internal yang semakin tidak terpenuhi sehingga mendukung keruntuhannya. Kedua, dukungan interternasional yang merasa tidak nyaman dengan sikap negara tersebut.

“Israel saat ini, menghadapi masalah karena hidup dalam pikiran sebagai bangsa yang akan dihabiskan. Kemudian Israel ambil semua resiko kemanusiaan yang dianggap akan menghabiskan bangsa Yahudi,” katanya.

“Ini penyakit jiwa yang parah dan hidup dalam tubuh Israel, terhadap jati dirinya. Merasa, mereka mau dienyahkan, sehingga pada saat yang sama untuk menghilangkan permusuhan itu, dia tidak memberikan alternatif pendekatan kemanusiaan. Semua fase kehidupan yang saat ini sama sekali tidak bisa diterima,” lanjut Sayuti.

Bahkan, menurut Sayuti, Amerika Serikat saja ketika menghaapi tekanan internasional yang luar biasa, kemudian merubah pendekatan hard powernya dengan pendekatan soft power yang penuh sentuhan kebudayaan dan kemanusiaan. Sedangkan Israel menutup peluang menggunakan aset soft power untuk bermain dalam peradaban dunia. Kondisi ini semakin menyempitkan pilihannya, hanya pada pendekatan kekerasan.

“Ini hanya memastikan dukungan kehancurannya sendiri. Israel tidak pernah sama sekali mempertimbangkan soft power ini. Seluruh aset kenegaraannya dipakai dengan hard power. Pilihan yang pahit, untuk melihat kehancuran sebuah bangsa,” ujarnya.

About 3setiyanto

Lahir di lereng lawu, Dekat kebun Teh dan Kopi tapi barubelajar cara menikmati Teh dan Kopi

Diskusi

2 thoughts on “AKSI ISRAEL MERUNTUHKAN NEGARANYA SENDIRI

  1. muda2han ni pertanda yg kehancuran israel makin dekat, moga khncran israel mndahului ajal ku, hngga aq dapat mnyaksikannya di dunia fanah ini..

    Posted by luckman | Mei 8, 2009, 12:57 pm
  2. enyahlah kau israel dari muka bumi ini..

    allohu akbar

    Posted by bisnisproperty | Januari 15, 2009, 4:13 pm

tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 475,381 hits

my facebook

terbanyak dibaca

%d blogger menyukai ini: