//
you're reading...
macem - macem

Bencana atau Ganjaran


Kalau bencana gunung berapi memang kita tak akan mampu untuk menyumbat mulut lavanya, atau kalau gempa bumi kita jug belum punya pengetahuan yang cukup untuk menanggulanginya, tetapi kalau musibah banjir yang sejak SD sudah diajarkan pengetahuan dasarnya maka alangkah bodohnya kalau selalu teruang sepanjang tahun.

Semua entu asih ingat bagaimana terjadinya Hujan, dan bagaimana Hutan dan tanah sebagai tempat resapan air hujan. Hapir seluruh rakyat indonesia terutama yang tinggal di Jawa sudah faham apa fungsi Danau, Waduk, Sungai, Selokan, juga apa akibat buah sampah sebarangan, apa akibat nebang hutan seenaknya juga akibat membangun tanpa perencanaan di bukit-bukit membangun tanpa perhitungan di lahan hutan resapan dan sebagainya.

Maka sebanarnya salah besar jika kita menyebut Banjir sebagai musibah, karena sesungguhnya musibah adaah sesuatu yang kita tidak perkirakan sebelumnya dan kita tidak ada kemampuan untuk menanggulanginya. Sedangkan banjir Ilmu kita cukup bagaimana terjadinya banjir, Ilmu kita mumpuni bagaimana sesungguhnya menghadang terjadinya banjir, dan juga Ilmu kita juga menjangkau bagaimana mendeteksi kapan kemungkinan itu terjadi. Tetapi kita sudah sumun bukmun umyun dan kata ALloh khatamalloh ala kulubihim wa alaa samihim wa alaa abshorihim, ghisawatun walahumhum adzabun adzim.Tertutup mati pandangan, pendengaran dan rasanya untuk menerima ilmu dan melaksanakannya. Walau teorinya ada namun prakteknya bagaimana melaksanakan ilmu2 itu untuk menanggulangi banjir itu sangatlah jauh dari harapan….

Tanggungjawab siapakah ini????

dan akibatnya Ganjaran alloh menimpa kita semua. Sadarlah…

wallohua’lam

About 3setiyanto

Lahir di lereng lawu, Dekat kebun Teh dan Kopi tapi barubelajar cara menikmati Teh dan Kopi

Diskusi

Belum ada komentar.

tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 475,331 hits

my facebook

terbanyak dibaca

%d blogger menyukai ini: