//
you're reading...
Ekonomi Politik

Jusuf Kalla Terjebak Dalam Trik Politik PKS


Kena kau… Demikian kata orang2 PDI yang merasa gembira atas pecahnya kongsi politik antara Yusuf Kalla dan SBY.
Saya nggak pernah ikut campur dalam jagat perpolitikan praktis (Parpol) tetapi seneng memperhatikan trik, strategi dan sepak terjang para politisi, siapa tahu bisa diambil hikmahnya.

Andaikan Jusuf Kalla jadi meninggalkan SBY atas rayuan gombal PKS maka menurut insting politikku, “Tamatlah Riwayat Jusuf Kalla” dalam jajaran kekuasaan Pemerintah Indonesia.

Ada beberapa alasan mengapa hal itu bisa terjadi.

– Sudah di maklumi bersama bahwa Pamor SBY sekarang malah tambah moncer dalam pandangan masyarakat secara umum di Indonesia, apalagi pengakuan internasional atas keberhasilannya menata kehidupan demokrasi dan ekonomi di negara ini, jadi SBY bukanlah lawan yang baik bagi Jusuf Kalla.

– Setiap ada keberhasilan dalam pemerintahan SBY-JK maka yang dianggap berhasil adalah ketegasan dan kenegarawanan SBY, akan tetapi kalau terjadi keruwetan dan kekisruhan dalam pemerintahan maka yang dituduhkan adalah karena campurtangannya JK, maka posisi ini tidak menguntungkan bagi JK dan menambah kuatnya kubu SBY ketika di tinggal JK.

-Dengan hengkangnya JK maka SBY bisa melirik partai lain yang di anggap masyarakat lebih reformis, dan dengan lantang bahwa pemerintahannya nanti bersih dari unsur keruwetan dan kebobrokan masa lalu (baca ORBA).

Sungguh berat perjuangan JK untuk meraih RI satu kedepan, dan bertambah ringan Megawati dengan PDIPnya untuk berjuang mendapatkan RI-1, karena jelas parpol pendukung, dan sumber dana SBY for RI-1 yang dari JK dan koleganya akan berkurang sehingga menurut pandangan proMega akan melemahkan SBY…

eithh nanti dulu, masalah sumber dana jelas tidak berkurang mungkin bisa bertambah. Karena jika Pandangan pengusaha terhadap kinerja SBY membaik maka mereka tidak akan segan2 dan sungkan2 menyokong sepenuhnya SBY for RI-1, apalagi jika SBY menggandeng wakil yang tepat maksudnya dari segi populeritas dan kemampuannya menyokong dana makaa Mega dan JK hanya bisa gigit jari. Juga ditambah kalau AS dan kroninya suka langkah2 SBY dalam setiap ordernya maka taksungkan2 pengusaha AS dan kroninya juga pemerintahan merak sendiri untuk mendukung habis SBY for RI-1 as well.

Hal apa yang bisa dipetik dari pecahnya Kongsi SBY-JK atas rayuan Gombal PKS ini?

1. Setrategi PDIP untuk melemahkan lawan politik untuk meraih RI-1 satu step berhasil.

2. PKS bukanlah partai yang idialis tetapi sama dengan yang lain, semua setrategi politik bersifat politis yang penting mendapatkan kekuasaan, walaupun harus berkoalisi dengan partai yang berseberangan ideologi kalau perlu dengan lawan ideologi akan dijalani yang penting bisa partisipasi dalam kekuasaan (bisa dilihat dari pilkada2 di indonesia).

3.Jusuf Kalla tidak kuat menerima tkanan dan masih punya gengsi tinggi untuk menerima tawaran capress padahal secara kalkulasi politik sangatlah tidak menguntungkan.

4. SBY akan semakin bertambah suaranya jika mendapatkan wakil presiden yang lebih tangguh dari pendanaan dan kepopulerannya dari JK (ingat parpol tidak banyak berarti dalam Pilpres/Pilkada).]

5. Yang jelas tidak ada persahabatan sejati dalam politik yang ada perebutankekuasaan abadi dalam politik kita.

Maka jika Jusuf Kalla ingin bertahan di Kekuasaan pemerintahan RI maka lebih baik JK tetep bersanding di Pilpres sekarang dengan SBY, dan maju Capres setelah itu, karena SBY sudah tidak maju lagi, dan Megawati mana mungkin 3x maju dan tiga kali nyalon tetapi masih ngaplo..
wallohu a’lam.

About 3setiyanto

Lahir di lereng lawu, Dekat kebun Teh dan Kopi tapi barubelajar cara menikmati Teh dan Kopi

Diskusi

3 thoughts on “Jusuf Kalla Terjebak Dalam Trik Politik PKS

  1. wah kalau postingnya 9 februari 2009 berarti ramalan bapak ok juga..gak kalah sama ahli politik yang sudah banyak pesanan sekarang ini

    Posted by ragil | Oktober 16, 2010, 5:36 am
  2. Pro Mega, Prabowo-Mega ituyang mantap!!!!!
    SBY barang pada mahal……………… biaya hidup tinggi amat…………….. jalan pada bolong……………. bencana alam sana-sini ngak diperhatikan. Cuman dikorupsi duitnya oleh pemerintah sendiri kan…

    Posted by abbie | April 27, 2009, 2:58 pm
  3. ternyata Jusuf Kalla cerdas Juga yaa, gak ke jebak permainan catur PKS, maksudnya ndorong2 jadi Capres biar Hidayat bisa jadi Cawapres… ah strategi 2 langkah thok simple..

    Posted by joko thole | April 19, 2009, 10:31 pm

tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 475,379 hits

my facebook

terbanyak dibaca

%d blogger menyukai ini: