//
you're reading...
macem - macem

Flash USB on line in Ausie


Dulu waktu kesini pertama memang masih disediakan fasiliti internet via ADSL, dari regular thelephone lebih enakan karene kita langganan un limited. Tetapi ternyata di Aussie ini sambungannya juga nggak beda jauh dengan speedy di indonesia, mungkin juga karena sama2 milik pemerintah (Telstra).

Untuk sekarang ternyata sama Siemens tidak di konekkan dengan Telstra ADSL tetapi menggunakan prepaid Big Pond Telstra, yang kalau di indonesia seperti Telkom Flash. Kita dikasih USM Flash Modem untuk dicolokkan ke laptop. Harganya 150 dollar termasuk kredit 10 dolar didalamnya.

Untuk 10 dolar kita bisa load/upload sebanyak 72 MB. Konneksinya sama juga dengan ADSL/ Speedy kalau jam sibuk lelet minta ampun. Masalahnya adalah komputerku under linux dan tidak bisa read program ataupun auto run progarm didalam flash modem, jadi untuk fasilitas ini aku sharing sama pak Rudy teman seperjuanganku dari Indo (saya bertugas 2 orang, 1 I&C, 1 Operation). Dan untuk chating sama keluarga yang terlanjur saya install dan auto connect di rumah adalah skype. Jadi saya harus nyari program skype untuk di install ke laptot pak Rudi. Biasanya orang Indonesia pakai Yahoo Massanger dan tidak punya program skype termasuk rekan kerjaku ini.

Sangat mudah nyari program skype ini karena free di internet, tinggal down load- dari kantor (supaya jatah prepaid nggak berkurang) dan install, 5 menit install dan langsung bisa berkomunikasi dengan indonesia dengan free… (koneksi dibayar kantor kan?)

semalam tak coba pas lelet nggak konek2 trus udah ngantuk tidur, pagi tadi coba lagi ternyata koneksi sedang ok, aku bis omomg2 15 menitan.. ya di internet paling habis 1 dolar-an kredit ..(+ video streaming).

Web conference is very helpfull buat pengiritan ongkos komunikasi.. so dulu jatah charge kredit 29 dolar yang dapat 150 dolar dari vodavone gak pernah habis setiap bulan.. Eh normalnya kalau komunikasi ke indonesia setiap menit habis 1.5 dolar charge credit vodavone atau sekitar 0.25 dolar absolute atau sekitar 2000 rupiah.. kalau pake internet 1 dolar absolut dapat 15 menit eh.. apa lagi yang mbayar internet kantor, bisa gratis kan..

mboh mudeng ora yang baca posting ku ini, aku sendiri baca lagi kok ruwet yaa..

About 3setiyanto

Lahir di lereng lawu, Dekat kebun Teh dan Kopi tapi barubelajar cara menikmati Teh dan Kopi

Diskusi

Belum ada komentar.

tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 475,480 hits

my facebook

terbanyak dibaca

%d blogger menyukai ini: