//
you're reading...
macem - macem

SEHAT itu MAHAL


Bener 2 menegangkan kejadian 2 minggu terakhir.

Pertama mendadaknya meninggalnya rekan ku sekerja, yang paginya masih ngobrol diskusi masalah pekerjaan, dan siangnya ketikadia tidur istirahat siang di ambil Yang kuasa. Koon kabarnya ada riwayat hipertensi dalam sepanjang perjalanan hidupnya. Dokter bilang hipertensi bisa memicu gagal jantung, dan saya baca salah satu artikel kesehatan bahwa hipertensi pembunuh nomer satu di Amerika (mungkin didunia).

Kedua, minggu lalu sepupuku juga meninggal yang ini kasusnya bukan hypertensi tapi DM atau penyakit gula, yang oleh karena sudah akut menyerang ke ginjal dan organ lainnya akhirnya mengalami defungsi, atau penurunan fungsi kerja alat tubuh.

Ketiga tadi pagi atasanku cerita kalau minggu lalu waktu dirumahnya habis cuci muka terus seolah mak prepet, dunia gelap sesaat dan waktu itu beliau masih kuat menahan untuk tidak terjatuh. Dia langsung teriak memanggil istrinya untuk dibantu ke kamar tidurnya, karena memang tidak bisa melihat sekelilingnya. Juga untuk berdiri tegak sangat kesulitan. Sampai tiga jam pandangan belum pulih, dan setelah tiga jam mulai muncul bayang2 yang mula2 masih kabur. Danakhirnya lambat laun mulai membaik. Pada saat itu tensi darahnya 188/135 mmhg. Bener2 sangat tinggi. Secepatnya diminumnya obat penurun tensi.

Berbahagialah jika anda masih sehat tanpa keluhan apapun, karena itu anugrah yang tidak terhitung dari Tuhan. Coba berapa harga paru2 anda, berpa harga jantung anda berapa harga hati, ginjal, mata gigi… apa bila orang di transpalasi organ diatas tentunya ber milyar2 harganya. Belum lagi otak tangan telinga…

Dengan menggunakan pada aktivitas yang bermanfaat berarti anda telah mensukuri nikmat ini. Dengan menjaga agar badan anda tetap sehat berarti anda telah mensukuri nikmat.

Akhirnya ketika anda berolah raga niatilah anda untuk menjaga kesehatan sebagai media sukur kepada yang menciptakan kita.

About 3setiyanto

Lahir di lereng lawu, Dekat kebun Teh dan Kopi tapi barubelajar cara menikmati Teh dan Kopi

Diskusi

One thought on “SEHAT itu MAHAL

  1. Segala kebaikan bersumber dari Allah.
    Sehat itu murah,yang mahal sebenarnya adalah “menjaga kesehatan” dan yang lebih mahal itu ketika seseorang mengalami sakit.
    hipertensi,atau tekanan darah tinggi,berawal dari kondisi darah yang tidak lancar,kental atau tersumbat.hal ini menyebabkan kerja jantung menjadi lebih berat dari biasanya,sehingga anda bisa bayangkan,bagaimana bila organ kita “dipaksa” terus-menerus melakukan sesuatu yang berat?..ya,dia akan lelah dan sangat lelah,sehingga fungsinya akan menurun secara drastis.dengan kondisi seperti ini,maka organ-organ lain,tidak hanya jantung,akan terbebani juga.karena darah semakin kental dan racun semakin banyak yang mengalir didarah,ginjal semakin berat menyaringnya.tak heran,orang yang terkena hipertensi,sebenarnya mereka juga rentan terkena ginjal,jantung,diabetes serta penyakit lain yang menyebabkan komplikasi.
    Menjaga kesehatan dimulai dari membiasakan pola hidup sehat dan teratur,makan makanan berkualitas,minum air yang sehat,berolahraga sesuai keadaan fisik,serta menjaga mental/pikiran dalam keadaan yang positif.
    “tunjukilah kami jalannya yang lurus,jalannya orang-orang yang Engkau beri nikmat…”

    Posted by Indonesia Sehat | Oktober 25, 2009, 8:11 am

tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 475,480 hits

my facebook

terbanyak dibaca

%d blogger menyukai ini: