//
you're reading...
Ekonomi Politik, sain and tek

Uranium Melimpah di Kalimantan


Wed Feb 3, 2010 8:03 pm (PST)
(dikutip dari milis tetangga)

Jawa Pos Online:

Diam-diam Amerika Serikat (AS) mengincar potensi tambang uranium di Kalimantan, termasuk Kalimantan Timur. Itu dilakukan setelah negeri yang mengklaim sebagai polisi dunia itu gagal menekan Iran untuk mendapatkan sumber bahan nuklir tersebut.

>Kabar itu diungkapkan Drs H Abdul Latif Abdul Hamid MSi, dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kuala Kapuas, Kalteng, yang mengikuti seminar tentang teknologi, termasuk pembahasan masalah uranium di Jakarta, Sabtu 28 April. “Sebenarnya seminar membahas persoalan khusus teknologi. Tapi, narasumber dari Iran dan Turki sempat mengungkapkan permasalahan itu kepada peserta seminar. Pernyataan mengenai rencana AS menguasai Kalimantan itu bukan materi pokok seminar, namun menjadi sangat menarik, kata Latif.

>Pria yang sekarang menempuh program S-3 di sebuah perguruan tinggi di Jakarta itu mengungkapkan, narasumber mendukung pernyataan tersebut dengan data intelijen yang bersumber dari foto satelit. Kalau Iran dan negara Timur Tengah lainnya bisa dikuasai AS dengan isu-isu nuklir seperti sekarang, wilayah Kalimantan aman. Tetapi, kalau gagal di Timur Tengah, sasaran berikutnya adalah Indonesia, dalam hal ini Kalimantan, ujarnya.

>Dalam seminar terungkap bahwa kandungan uranium di bumi Borneo, termasuk Kaltim, lebih tinggi dibanding kandungan uranium lain yang ditemukan di dunia. Potensi uranium ditemukan di wilayah pedalaman Kutai Barat, Kutai Kartanegara, serta di beberapa wilayah di Kaltim.

>Kandungan uranium di Kalimantan mencapai 24 ribu ton yang setara dengan kebutuhan listrik 9.000 megawatt selama 125 tahun. Lokasinya di Desa Kalan, Kecamatan Ella Hilir, Melawai, Kalimantan Barat. Kabarnya, uranium di kawasan itu sudah ditambang secara misterius oleh pihak asing, yang disebut-sebut dari Prancis. (ari/jpnn)

>berita terkait…
>Kalimantan Barat siap pasok uranium untuk PLTN
>23 Jan 2010

>ANTARA

>PONTIANAK Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalbar menyatakan cadangan uranium di provinsi itu bisa digunakan untuk pembangkit listrik tenaga nuklir selama ISO tahun. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Kalimantan Barat Fathan A. Rasyid menyatakan Kalbar setidaknya memiliki 25.000 ton uranium yang tersebar di Kabupaten Melawi.

>Dia mengatakan PLTN merupakan solusi dalam mengatasi kekurangan energi listrik di Kalbar dan Kalimantan pada umumnya. “Baru-baru ini Bapedda se-Kalimantan telah menyepakati akan mengembangkan PLTN di pulau itu dalam mengatasi kekurangan energi listrik,” kata Fathan belum lama ini.

>Kalbar setidaknya memiliki PLTN berkapasitas 1.000 MW untuk mengatasi krisis listrik di provinsi itu. “Akibat krisis listrik tidak sedikit niat investor yang ingin menanamkan modalnya harus ditolak, karena terbatasnya pasokan listrik.”
>Dia mengatakan ke depan energi listrik dari nuklir memang harus diperhitungkan. Kalau langkah itu tidak diambil, krisis listrik di provinsi ini akan terus berkepanjangan. “Kami menargetkan PLTN bisa terwujud 10 hingga 16 tahun ke depan. Saat ini pengembangan PLTN di Kalbar sudah masuk tahap studi kelayakan atau fase dua,” ujarnya.
>Sebelumnya Gubernur Kalbar Cornelis mengatakan dua kabupaten, yaitu Kabupaten Melawi dan Landak di provinsi itu dapat menjadi lokasi pembangunan PLTN. Menurut dia, Kalbar memenuhi syarat untuk dibangun PLTN, karena salah satu wilayah yang mempunyai uranium, yakni di Kabupaten Melawi.
>Selain itu, lanjutnya, Kalbar relatif aman dari bencana seperti gempa. “Sekarang bagaimana mengemas teknologi supaya tidak bocor, dan limbahnya aman,” katanya. Gubernur Cornelis telah menyampaikan usulan pembangunan PLTN itu kepada Dewan Energi Nasional.

>Namun, lanjutnya, rencana dan pengembangan sumber energi di Kalbar sangat bergantung pada komitmen dari pemerintah pusat. “Investor sebenarnya banyak yang mau untuk mengembangkan listrik di Kalbar.”Konsumsi terbesar energi listrik di Kalbar untuk Kota Pontianak dan sekitarnya. Beban puncak sekitar 123 MW, daya mampu 148 MW.
>Selama ini pemerintah merencanakan pembangunan PLTN di Muria, Jawa Tengah, meskipun masyarakat setempat cenderung menolak kehadiran proyek tersebut. Penolakan oleh warga setempat itu disebabkan oleh pertimbangan keamanan dan kesehatan yang merupakan dampak dari pengoperasian PLTN. Meski begitu, pemerintah tetap menyiapkan PLTN sebagai salah satu alternatif pemasok listrik. (M. SYAHRAN W. LUBIS)


>Kalimantan Barat Punya Banyak Cadangan Uranium
>http://dunia. web.id/dunia- berita/Kalimanta n_Barat_Punya_ Banyak_Cadangan_ Uranium-o3423. html
>26-Dec-2009 18:20:46
>Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Kalimantan Barat, Fathan A Rasyid, menyatakan bahwa cadangan uranium di provinsi itu bisa digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir selama 150 tahun.
>
>”Dari data yang ada Kalbar setidaknya memiliki 25 ribu ton uranium yang tersebar di sekitar Kabupaten Melawi,” kata Fathan A. Rasyid di Pontianak, Sabtu.
>
>Ia mengatakan, PLTN merupakan solusi dalam mengatasi kekurangan energi listrik di Kalbar dan Pulau Kaliamantan pada umumnya.
>
>”Baru-baru ini Bapedda Sekalimantan telah menyepakati akan mengembangkan PLTN di pulau itu dalam mengatasi kekurangan energi listrik,” kata Fathan.
>
>Kalbar setidaknya memiliki PLTN berkapasitas 1.000 mega watt untuk mengatasi krisis listrik di provinsi itu. “Akibat krisis listrik tidak sedikit niat investor yang ingin menanamkan modalnya harus ditolak karena terbatasnya pasokan listrik,” katanya.
>
>Ia mengatakan ke depan energi listrik dari nuklir memang harus diperhitungkan, kalau tidak diambil langkah tersebut maka krisis listrik di provinsi ini akan terus berkepanjangan.
>
>”Kami menargetkan PLTN bisa terwujud 10 hingga 16 tahun ke depan. Saat ini pengembangan PLTN di Kalbar sudah masuk tahap studi kelayakan atau pase dua,” ujarnya.
>
>Sebelumnya, Gubernur Kalbar Cornelis mengatakan dua kabupaten, yaitu Kabupaten Melawi dan Landak di provinsi itu dapat menjadi lokasi pembangunan PLTN.
>
>Menurut dia, Kalbar memenuhi syarat untuk dibangun PLTN, karena salah satu wilayah yang mempunyai uranium, yakni di Kabupaten Melawi.
>
>Selain itu, lanjut dia, Kalbar relatif aman dari bencana seperti gempa. “Sekarang bagaimana mengemas teknologi supaya tidak bocor, dan limbahnya aman,” katanya.
>
>Gubernur Cornelis telah menyampaikan usulan pembangunan PLTN itu kepada Dewan Energi Nasional.
>
>Namun, lanjut dia, rencana dan pengembangan sumber energi di Kalbar sangat tergantung komitmen dari Pemerintah Pusat. “Investor sebenarnya banyak yang mau untuk mengembangkan listrik di Kalbar,” katanya.
>
>Konsumsi terbesar energi listrik di Kalbar untuk Kota Pontianak dan sekitarnya. Beban puncak sekitar 123 MW, daya mampu 148 MW.

__._,_.___

About 3setiyanto

Lahir di lereng lawu, Dekat kebun Teh dan Kopi tapi barubelajar cara menikmati Teh dan Kopi

Diskusi

One thought on “Uranium Melimpah di Kalimantan

  1. DAERAH KALIMANTAN BARAT YG BANYAK TERDAPAT URANIUM

    Posted by ADAM | Maret 3, 2011, 2:26 pm

tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 475,379 hits

my facebook

terbanyak dibaca

%d blogger menyukai ini: