//
you're reading...
Agama dan BUdaya, Ekonomi Politik

TERORIS ACEH? fakta baru dari Habieb Rizieq ketua FPI


Ceramah Habin Riziq yang saya dengar dari radio swasta di solo.

Dalam perjalanan pulang kemarin saya (tri)  mendapat oleh2 yg sangat berharga tentang berita yang berkembang di negeri ini.
Saya dengarkan dari sebuah radio swasta disolo, mulai perjalanan mojosongo/ ring road utara solo sampai mantingan (1.5 jam). Yang berdialog mahendra data dan habieb rizieq.
Begini ceritanya:
Di awal ceritanya habieb rizik tidak ingin membuat analisa, dia hanya mengungkapkan data dari anggotanya yang sekarang di tangkap dan dianggap pelaku teroris di mapolda jaya. Untuk analisa beliau sedang menyusun dan menambah data2 yang ada dari sumber-sumberlainnya.

pada akhir 2008 atau sekitar 2009 FPI (yang dipimpin habieb rizieq) membuka pendaftaran sukarelawan untuk membantu program kemanusiaan di Gaza palestina, dan program ini dibuka untuk seluruh indonesia. Mencengangkan katanya, karena ternyata program ini yang mendaftar banyak sekali. Banyak sekali komentar, kritikan juga cacian ke FPI karena program ini, alasannya mengirim ke Gaza tanpa kecukupan pengetahuan disana, kemampuan diri dan bekal adalah sama dengan bunuh diri.
Demikian juga untuk cabang Aceh demikian besar antusias masyarakat disana tercermin dari besarnya jumlah pendaftar, Maka untuk itu FPI kemudian menyaring jumlah sukarelawan itu untuk di training survival, outbond, dsb. Hanya 300 orang  saja yang di ACeh yang akan di panggil untuk mengikuti pembekalan dan seleksi (yang lain daerah tidak diceritakan).

Dari 300 orang sukarelawan di Aceh ini mulailah di lakukan seleksi, materi fisik, juga pembekalan rohani agar bisa bertahan di segala medan terutama untuk misi kemanusiaan di Gaza ini. Program ini resmi dengan meminta ijin kepolisian dan juga kodim di sana, akan tetapi ketika fihak FPI aceh meminta untuk menjadikan Polisi/ Tentara sebagai instruktur mereka menolak. Akhirnya program FPI ini dilakukan dan dilatih oleh kalangan mereka sendiri yang mempunyai pengetahuan den pengalaman dalam hal survival dan kepramukaan.

Dari 300 orang ini akhirnya yang lolos seleksi 85 orang, lulus dari segi lahir phisik yang bagus dan mental yang kuat. Nah dari sinilah mula2 cerita besar itu bermula.

Datanglah seorang bernama Sofyan yang menawarkan jasanya untuk melatih calon sukarelawan Gaza ini. Sofyan dengan penuh menyakinkan menunjukkan kemampuan olah senjata (pisau), beladiri dan peperangan. Juga bisa dengan menyakinkan mengisahkan bagaimana menggunakan senjata dan berbagai operasi yang diikutinya. Dan akhirnya dengan referensi salah seorang kiai FPI di Aceh, Syofan diangkat sebagai pelatih calon sukarelawan Gaza ini.

Kelompok 85 orang ini dilatih intensif oleh Syofan mulai strategi gerilya, militer dengan menggunakan senapan mainan, juga teknik2 perang lainnya. Dari sini semua kegiatan ini masih dalam ijin kepolisian dan kodim Aceh sana, nah akhirnya dari 85 orang ini terseleksi 20 pemuda yang benar2 memenuhi syarat untuk di kirim ke GAZA. Selesailah program latihan pertama ini dan kembalilah mereka kerumah masing-masing untuk menunggu pemberitaan lebih lanjut.

Nah.. pada 2009 yang lalu ketika Habieb Riziek sedang di Pesantren Mapolda (di tahan karena dianggap menganiaaya demonstran mana.. gitu), beliau menganggap di tahan= di pesantren karena bisa ngajari agama para Napi dan dijadikan rujukan bertanya juga oleh kepala LP malahan. Nah suatu hari datanglah rombongan 20 orang calon sukarelawan Gaza Aceh ini menghadap beliau untuk menanyakan kepastian kapan mereka dikirim ke GAZA. Namanya anak muda nampak kegelisahan dak ketidak sabaran dari mereka kalau2 program ini gagal.

Nah waktu itu karena kalayak rame indonsia berpendapat kalau mengirimkan sukarelawan ke Gaza = bunuh diri, atau membuat masalah baru bukannya menyelesaikan. Juga lebih baik dikirim doa saja dsb. Demikian juga Pemerintah indonesia membuat statment bahwa barang siapa atau lembaga yang memgirimkan sukarelawan ke Gaza maka orang ini atau lembaga ini akan di anggap melanggar hukum (ditangkap), kalau ada lembaga maka lembaga ini akan dijadikan lembaga terlarang. Kemudian jika ada orang yang nekad pergi kesana maka kewarganegaraan Indonesiannya akan di cabut.

Dengan pertimbangan alasan untuk keberlangsungan lembaga FPI dan keselamatan calon sukarelawan yang menghadapi tentangan dari pemerintah RI ini maka Habieb Riziq mengatakan bahwa bukan saatnya sekarang untuk mengirimkan sukarelawan ke Gaza kepada 20 pemuda aceh yang menghadap itu. Tentu saja mereka, 20 pemuda yang telah di gembleng berbulan2 sempat kecewa walau tidak bisa berbuat apa karena pimpinan mereka menolak pengiriman ke gaza. Akhirnya mereka minta pamit ke habib rizik untuk pulang ke aceh, dan dengan berat habieb mengatakan hal itu dan mempersilakan mereka pergi.

Dalam perjalan pulang mereka ditemui pelatih mereka Syofan  dengan memberikan harapan baru, bahwa mereka bisa saja dikirim ke Gaza kalau bersedia latihan pembekalan lagi dan untuk hal ini agar tidak melapor ke pimpinan mereka. Karena pimpinan FPI jelas menolak untuk mengirim mereka ke gaza. dan ke 20 pemuda ini setuju, akhirnya dilatih lah mereka di suatu tempat secara militer, bahkan menembak. kadang menghabiskan 3-30 peluru per hari per orang.. mencengangkan dari mana si Sofyan ini mendapatkan senjata dan amunisinya??? dan lebih mencengangkan tempat latihan menembak adalah markasnya BRIMOB.

Untuk menutupi alibi ini sofyan mengatakan bahwa dia adalah anggota Brimob yang disersi dia menunjukkan surat pemecatan sebagai anggota kesatuan brimob. Disitu ditulis kalau di pecat karena tindakan jihad. Hal yang aneh kenapa di surat tertulis karena jihad biasanya polisi menulis sebagai tindakan yang melawan negara, atau membahayakan keselamatan negara atau tindakan teroris. Akan tetapi karena mereka ke 20 an orang itu anak muda yang lugu dan sedang semangat-semangatnya  jadi seolah2 telah tersihir dengan karakter Sofyan ini, mereka tidak berpikir sejauh itu untuk menayakan siapa sebenarnya si Sofyan. Singkat cerita latihan militer di Jakarta selesai, selama latihan mereka ditampung disuatu tempat dengan biaya dari si sofyan, dan pulang ke aceh dibelikan tiket juga dari sifyan… uang dari mana yaa??

Di aceh tahun 2010 anak2 muda lugu dan semangat itu, beberapa minggu lalu kedatangan tamu dari Jakarta (Sofyan) untuk kembali melanjutkan latihan militernya. Kali ini mereka diajak bukan hanya dari FPI tapi dari kelompok lain yang tidak di ungkapkan oleh habib rizik. Namun 20 pemuda tadi tidak semua menyetujui ajakan sofyan, 13 orang tidak mau karena ketika konfirmasi dengan FPI tidak di ijinkan, sedang yang 7 orang saking semangatnya tidak mengindahkan perintah FPI untuk tidak bergabung di latihan itu karena FPI menganggap latihan itu ilegal. Jadi 7 orang anggota FPI itu latihan militer tanpa sepengetahuan pengurus FPI Aceh.

Akhirnya.. setelah 3 hari latihan mereka di grebeg oleh Brimob dan Densus 88….dari 7 anggota FPI yang ditangkap Brimob 3 orang dan yang 4 orang belum ada kabarberitanya hingga sekarang.
Dengan mudah Brimob yang mempunyai skill dan kecukupan senjata meringkus peserta latihan militer itu, dan ditulis di berita maupin televisi nasiona: POLISI BERHASIL MENANGKAP TERORIS DI ACEH.

(saya di mobil sempat nangis.. “teganya memangsa anak bangsa sendiri hanya untuk berita headline di koran dan televisi”).

Dan anehnya ketika teman2 FPI di Mapolda memberikan keterangan pers diliput wartawan, mendadak si sofyan.. Hai tengku apa kabar!!! memanggil ketua FPI Aceh. Sufyan tidak di borgol, tidak sedang di tangkap.. kok muncul di Mapolda?? siapa si SOFYAN??? lho yang ngajak dan memimpin kok selamat…

inilah pertanyaan besar Habib riziq tentang kasus teroris aceh, beliau tidak ingin menganalisa karena bukti lebih besar sedang disusun.. terserah pendengar menganalisa sendiri.

Saya ketik berdasarkan ingatan saya ketika nyetir dari solo sampai mantingan, jam 10.00-11.30 an..
selanjutnya terserah anda..
wallohua’lam.

About 3setiyanto

Lahir di lereng lawu, Dekat kebun Teh dan Kopi tapi barubelajar cara menikmati Teh dan Kopi

Diskusi

3 thoughts on “TERORIS ACEH? fakta baru dari Habieb Rizieq ketua FPI

  1. nggak aneh……… Lagu baru Kaset Lama…..

    Posted by abang | September 10, 2012, 3:33 pm
  2. kasihan… mainin nyawa orang bakal sengsara dunia akhirat hidupnya

    Posted by joerol | September 25, 2010, 1:30 am
  3. sangat bagus

    Posted by waroeng | Juli 25, 2010, 2:22 pm

tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 475,480 hits

my facebook

terbanyak dibaca

%d blogger menyukai ini: