//
you're reading...
Hobby, macem - macem, sain and tek

AKAN ADA GEMPA LAGI DI MENTAWAI


di sadur komplete dari republika online untuk masyarakat indonesia
Republika OnLine »

Perlu Dipikirkan Antisipasinya, Gempa Lebih Besar di Mentawai Bakal Isolasi Padang

Sabtu, 30 Oktober 2010, 13:22 WIB

Smaller Reset Larger
.

Perlu Dipikirkan Antisipasinya, Gempa Lebih Besar di Mentawai Bakal Isolasi Padang

Kepulauan Mentawai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Hamzah Latif, ahli tsunami yang termasuk anggota Tim 9, menjelaskan, potensi  megathrust earthquake  8,9 SR di Pulau Siberut juga bisa melanda Kota Padang dan daerah pesisir di sekitarnya. Dalam simulasi yang dibuat Hamzah, tsunami akan terjadi selama 2,5 jam dengan ketinggian ombak mencapai enam meter dan bergerak sejauh dua kilometer dari garis pantai.

Dengan tsunami seperti itu dan menghitung manusia bergerak berbanding lebar jalan pada kondisi Kota Padang di siang hari, kata Hamzah, maka kemungkinan korban jiwa bisa mencapai 150 ribu jiwa. “Ini belum termasuk hambatan lain seperti kemacetan kendaraan serta tiang listrik dan bangunan yang roboh,” papar Hamzah.

Dia melanjutkan, tsunami juga bisa merusak pelabuhan laut dan udara yang hanya terletak 300 meter dari pantai. “Padang akan terisolasi,” tegas Hamzah.

Deputi Bidang Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), JP Prih Harjadi, tak menampik potensi gempa besar yang masih mengacam Mentawai dan pesisir Sumatera Barat. Menurut Harjadi, gempa dan tsunami Mentawai 25 Oktober lalu bukan merupakan puncak energi berbahaya yang bersumber dari patahan Sumatera. “Energi yang dilepaskan belum sepenuhnya, tapi kapan terjadinya gempa besar itu tidak bisa kita prediksikan,” kata Harjadi.

Dikatakan, BMKG bertugas memberikan peringatan dini berdasarkan indikasi-indikasi pergerakan patahan bumi melalui alat-alat yang tersebar di sejumlah lokasi. Kendati demikian, jika megathrust earthquake  tersebut benar-benar terjadi, maka peringatan yang dikeluarkan tidak akan banyak membantu bagi masyarakat Mentawai. “Jarak sumber gempa sangat dekat, Mentawai  nggak  punya waktu untuk peringatan dini,” imbuh Harjadi.

About 3setiyanto

Lahir di lereng lawu, Dekat kebun Teh dan Kopi tapi barubelajar cara menikmati Teh dan Kopi

Diskusi

Belum ada komentar.

tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 475,331 hits

my facebook

terbanyak dibaca

%d blogger menyukai ini: