//
you're reading...
kesehatan, macem - macem, sain and tek

Amoxicillin,apa itu?


Amoxicillin,apa itu?

Mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengar kata amoxicillin,antibiotik ini begitu populer,orang awampun sudah banyak yang tahu amoxicillin,tapi sayang banyak yang tidak tahu bahwa obat ini adalah antibiotik dan harus hati-hati menggunakanya,berikut saya jelaskan dari khasiat sampai efek samping dari amoxicillin. Amoxicillin adalah zat pembunuh kuman golongan antibiotik penisilin, bekerja melawan bakteri di dalam tubuh Anda,Amoxicillin digunakan untuk mengobati beraneka jenis infeksi/peradangan disebabkan oleh bakteri, seperti infeksi peradangan telinga, infeksi kandung kecing, radang paru paru, kencing nanah, dan infeksi yang disebabkan oleh E.coli atau salmonella .

Amoxicillin juga kadang-kadang digunakan bersama-sama dengan clarithromycin zat pembunuh kuman yang disebut lain (Biaxin) untuk borok-borok perut disebabkan oleh Helicobacter pylori infeksi/peradangan. Kombinasi ini kadang-kadang digunakan dengan lansoprazole reduktor perut yang disebut asam (Prevacid).

Jangan menggunakan antibiotik ini jika anda adalah alergi amoxicillin atau zat pembunuh kuman penisilin lain manapun, seperti ampisilin (Omnipen, Principen), carbenicillin (Geocillin), dicloxacillin (Dycill, Dynapen), oxacillin (Bactocill), penisilin (Beepen-VK, Ledercillin VK, Pen-V, Pen-Vee K, Pfizerpen, V-Cillin K, Veetids), dan yang lain. Sebelum menggunakan amoxicillin, sampaikan kepada dokter jika anda alergi sefalosporin-sefalosporin seperti Ceclor, Ceftin, Duricef, Keflex, dan yang lain. sampaikan kepada dokter jika anda mempunyai sakit asma, penyakit hati atau ginjal, suatu kekacauan pendarahan atau pembekuan darah, penyakit akibat radang ( juga disebut “mono”), atau setiap jenis dari alergi.

Amoxicillin dapat membuat pil kontrasepsi kurang efektif, Sebelum minum amoxicillin, katakan kepada dokter jika anda menggunakan pil kontrasepsi, berapa lamanya dari waktu yang ditentukan oleh dokter Amoxicillin tidak akan bekerja pada suatu infeksi/peradangan karena virus seperti selesma atau influensa.

Jangan memberi pengobatan ini kepada orang lain, sekali pun mereka mempunyai gejala-gejala yang sama anda kerjakan. Pengobatan-pengobatan antibiotik dapat menyebabkan diare, yang bisa menjadi suatu tanda dari suatu infeksi/peradangan yang baru. Jika anda mempunyai diare yang encer/berair atau dengan darah di dalamnya, segera hubungi dokter.

Jangan menggunakan sembarang untuk menghentikan diare kecuali jika dokter sudah mengatakan kepada anda.

Perhatian Sebelum menggunakan amoxicillin Jangan menggunakan pengobatan ini jika anda alergi amoxicillin atau kepada zat pembunuh kuman penisilin lain manapun, seperti: – ampisilin (Omnipen, Principen); – carbenicillin (Geocillin); – dicloxacillin (Dycill, Dynapen); – oxacillin (Bactocill); atau – penisilin (Beepen-VK, Ledercillin VK, Pen-V, Pen-Vee K, Pfizerpen, V-Cillin K, Veetids, dan yang lain). Sebelum menggunakan amoxicillin, katakan kepada dokter jika anda alergi antibiotik (terutama sefalosporin-sefalosporin seperti Ceclor, Ceftin, Duricef, Keflex, dan yang lain), atau jika anda mempunyai: – sakit asma; – penyakit hati; – penyakit ginjal; – gangguan pendarahan atau pembekuan darah; – penyakit akibat radang ( juga disebut “mono”); – Riwayat diare yang disebabkan oleh antibiotik; atau – Riwayat tentang segala jenis dari alergi.

AMOXILLIN GENERIK Amoksisilin. INDIKASI Infeksi saluran nafas, saluran kemih & kelamin, kulit & jaringan lunak yang disebabkan oleh bakteri Gram positif & Gram negatif yang rentan terhadap Amoksisilin. KONTRA INDIKASI # Hipersensitifitas terhadap Penisilin. # Infeksi mononukleosis. PERHATIAN # Hipersensitif terhadap Sefalosporin.

# Kerusakan ginjal.

# Leukemia limfatik.

# Superinfeksi.

Interaksi obat : – Probenesid memperpanjang waktu paruh Amoksisilin dalam plasma.

– Allopurinol memicu timbulnya kemerahan pada kulit.

– Mengurangi efektifitas kontrasepsi per oral. EFEK SAMPING Reaksi hipersensitifitas, gangguan pada saluran pencernaan. KEMASAN Kapsul 500 mg x 100.

DOSIS # Dewasa : 250-500 mg tiap 8 jam.

# Anak-anak : 20 mg/kg berat badan/hari dalam dosis terbagi yang diberikan tiap 8 jam. Pada infeksi berat dosis dapat digandakan.

# Gonore akut : 2-3 gram sebagai dosis tunggal. http://mediapenunjangmedis.dikirismanto.com/amoxicillinapa-itu.htmlhttp://mediapenunjangmedis.dikirismanto.com/amoxicillinapa-itu.html

About 3setiyanto

Lahir di lereng lawu, Dekat kebun Teh dan Kopi tapi barubelajar cara menikmati Teh dan Kopi

Diskusi

Belum ada komentar.

tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 475,379 hits

my facebook

terbanyak dibaca

%d blogger menyukai ini: