//
you're reading...
Agama dan BUdaya, kesehatan, Sport

Olahraga yang disenangi bisa menghilangkan stress


Sabtu, 20/11/2010 11:02 WIB

Hilangkan Stres dengan Olahraga Yang Disukai

Eya Ekasari – wolipop

| Share :

<p>Your browser does not support iframes.</p>

img
img

Dok. Thinkstock

Jakarta – Pertama, olahraga akan membantu Anda untuk melepaskan ketegangan dalam tubuh. Gerakan fisik akan mengeluarkan hormon endorfin. Endorfin dikenal sebagai ‘hormon bahagia’ karena mereka menyebabkan perasaan bahagia. Program latihan sehari-hari akan menjaga kesehatan tubuh Anda dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda lebih mampu mengatasi stres.

Salah satu jenis olahraga yang dapat dicoba adalah kardiovaskular atau latihan aerobik. Ini adalah jenis latihan yang akan membuat Anda bergerak juga menjaga jantung Anda sehat dan berat badan terjaga. Anda juga dapat jogging, berenang atau bersepeda. Intinya adalah menemukan olahraga yang Anda sukai. Olahraga yang menyenangkan akan menjadi obat stres terbaik.

Perlu diketahui bahwa pemaksaan terhadap tubuh untuk berolahraga jika Anda tidak terbiasa, tidak akan menghilangkan stress. Kuncinya adalah kemauan dari diri sendiri. Walaupun hanya 10 menit, namun jika Anda senang dan teratur melakukannya, tubuh Anda akan terbiasa. Anda pasti akan merasa jauh lebih baik ketika sesi latihan berakhir.

Selain olahraga aerobik, ada olahraga lain yang dapat Anda coba. Salah satu jenis olahraga yang paling populer untuk mengurangi stres adalah yoga. Olahraga ini akan menenangkan tubuh dan pikiran Anda. Cara terbaik untuk memulainya adalah mengikuti kelas yoga dengan instruktur yang berpengalaman yang dapat memastikan Anda melakukan semua posisi dengan benar. Setelah menguasai dasar-dasar posisi, Anda dapat melanjutkan program yoga Anda di rumah dengan bantuan DVD jika Anda mau.

Program latihan lain yang dapat mengurangi stres antara lain karate, pilates dan latihan kekuatan. Cari seorang teman untuk latihan yang akan membantu membuat sesi lebih menyenangkan dan Anda dapat terus bertahan dengan program Anda. Tetapi jika hanya ingin menjernihkan pikiran, sebaiknya lakukan sendiri. (eya/eya)

About 3setiyanto

Lahir di lereng lawu, Dekat kebun Teh dan Kopi tapi barubelajar cara menikmati Teh dan Kopi

Diskusi

Belum ada komentar.

tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 475,330 hits

my facebook

terbanyak dibaca

%d blogger menyukai ini: