//
you're reading...
Hobby, Kerjaan

UMROH DIBAYARI


Alhamdulillah saya sudah 3 minggu di jedah, eh tepatnya di Shoaiba Power Plant, 100 km dari kota Jeddah arab saudi..Banyak cerita seru sepanjang 3 minggu yang telah kami lewati..

1. Umroh Gratis.

Hal ini yang paling menarik bagiku kenapa aku sampai ke tanah Haram ini..walaupun orangnya gak bisa di bilang haram (haram=dimulyakan). Waktu ada tawaran pekerjaan untuk bekerja disaudi yang gajinya hanya 2x nya gajiku di Indonesia aku jawab: “ok.. berangkatlah aku dan aku bawa team dng 6  awak untuk mensukseskan pekerjaan itu + sama2 mengajak berkunjung ke rumah Alloh, gitulah akhirnya kami dapat Visa gratis, pesawat gratis..tempat nginap gratis untuk pergi umroh.

Minggu pertama setelah kami kerja langsung memutuskan jangan menunda2 untuk berkunjung kerumah Alloh, bahkan pada hari kedua tiba di Plant langsung beli Kain Ihram..walau beli yang paling murah ..25 real saja) dan Alhamdulillah tgl 27 Jan 2011 kami diberi karunia Alloh untuk berkunjung di rumahnya. Yang tambah lebih asyik hari terakhir di ajak ziarah ke masjid nabawi, melihat makam rosulullah dan ber umrah 2x lagi, jadi total 3 x umrah.

2. Makan Kunir tiap hari…

Yang aneh dari arab adalah padang pasir yang begitu luas.. tapi bagiku disini adalah makanan. Karena makananku tiap hari adalah kas Pakistan dan India, yang tentunya tidak lepas dari warna kuning. Kadang pakai roti alottttt…bunder diameter 30 cm, satu. Aku makan satu dah mblenger lha orang pakistan/ india sekali makan bisa 5.  Kare.. Gule.. pedes agak hambar..banyak merica/ kunir dll. Kadang agak enak adalah nasi Mandi ini kayak nasi goreng campur daging seperti nasi kebuli masakan tetanggaku keturunan arab… Gak tahu apa gara2 makan kunir tiap hari ini orang India, Pakistan dan Banglades baunya lebus… sungguh mereka banyak kerja di arab ini baunya lebusss.

3. PowerPlant minyak di tengah gurun..

Benar2 melimpah minyak di arab..Bensin 1 real dapat 2 liter, atau seliter = 1200, di kita 4500 seliter aja sebentar lagi naik 7800.. kapok luuu. Makanya Power Plant Steam Turbin berbahan bakar minyak banyak.. lha disini yang sudah 14 unit mau nambah 6 unit lagi..mungkkin lebih. Benar2 kaya minyak..walau sekarang tembus 100$/barel.. Tapi pemerintah Arab tetap menjalankan Powerplant untuk kemakmuran warganya. Coba di indonesia melihat harga segitu mending dimatiin saja powerplantnya dan dijual minyakknya ke luarnegeri..kan lebih untung…Jelas mereka memahami kalau Listrik adalah sumber energi walau secara ekonomi jadul rugi tetapi dari sisi umum..makro negara adalah sumber energi yang menggerakkan roda ekonomi,politik dan sosial…Bravo raja Abdullah

3. Tinggal di barak…eh di camp

Waduhh.. ini menyakitkan aku tinggal di camp kamar seluas 4X4..kayak film2 koboi yang nyewain motel di pinggir gurun.. diluar bayanganku, kirain tinggal di apartement/ hotel atauapa..

Ini gambar awak pendukungku di sini…Pasukan berani sarungan..eh nekat..

4. Bekerja dengan orang aneh…

Memang bekerja disini terasa aneh, walau gak begitu karena awak-ku 5 orang yang ku bawa langsung bisa bergerak cepat sesuai perintah.. tetapi ketika orang lain masuk 2 dari tunish dan 4 helper dari pakistan..bener2 membuat geregetan.. banyak bahasa isyarat yang harus di pakai..orang tunish mending diap berbahasa arab, sekalian kita belajar dikit2.. dan agak ngerti bhs inggris dikit2 lha yg dari pakistan ini..kayaknya orang gunung yang gak ngerti bhs lain selain urdu..sukanya ngobrol, disuruh gak ngerti..walau banyak dari mereka yang gerti bhs inggris dan arab..tapi rata 2 helper adalah pemula yang gak ngerti apa2… ada yang suka ngantukan..rokokkan..ngobrol bhs planet..wlalaaahhhh. Eh ini belum..si tunish tadi adalah pensiunan… jadi sudah kakek2, gimana mau kerja ngebut kalau kake2..dahhhaku anggap mereka nggak ada. praktis aku kerja hanya dibantu 5 kru dari indo… Belum lagi ownernya yang PLN-nya arab yang gak karuan, eh ownernya yang orang mesir enak kokk..bos projek meneger yang kayak mandor buat jalan..tukang ketik kantor yang kayak bosss (keduanya pakistan).

5 Pekerjaan 3x lipat…

Sungguh benar2 tidak sebanding jika aku hanya pikiran nyari uang, gaji sedikit kerja 3x lipat.. kalau gak ingin ketanah haram tentunya tadaka akan berangkat, setiap hari harus keliliing kalau di hitung bisa 5-7 km perjalanan, naik turun pindah area dsb, meeting, ngecek sana,sini…( maklum yang kujadikan teknisi adalah binaan dari indo..yang sebelumnya bersama experienced teknisi di indo.. benar2 gambling aku…alhamdulillah ditolong Alloh, moga2 lancar sampi selesai.

6. harga2..

bener harga di Saudi/ Jeddah = di surabaya/ solo… pokooke murah. pepsi/coca cola hanya 4000 sekaleng. Fried Chicken 30 ribu rupiah daginggnya 4 potong.. tapi disini dimakan sendiri saja.. lama2 ketularan makannya orang pakistan dan india yang kayak raksasa..

7. Yang membuat neg adalah seringgnya chekpoint, di jalan, diplant dsb. kayak negeri sedang perang..

About 3setiyanto

Lahir di lereng lawu, Dekat kebun Teh dan Kopi tapi barubelajar cara menikmati Teh dan Kopi

Diskusi

3 thoughts on “UMROH DIBAYARI

  1. ternyata tulisanku setahun lalu bisa di baca..

    Posted by Triset Setiyanto | Juli 25, 2012, 3:19 am
  2. emang dsana tinggal di camp kyak pengungsi..eh perang..

    Posted by tri abu hakeem | Juni 6, 2011, 4:56 am
  3. mas kak nang camp pengungsian.. keep going

    Posted by suggest | Mei 19, 2011, 12:56 pm

tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 475,381 hits

my facebook

terbanyak dibaca

%d blogger menyukai ini: