//
you're reading...
macem - macem

Rahmad Darmawan, Tegas dan Disiplin Membentuk Garuda Muda Yang Tangguh


Timnas U-23 saat ini tengah dielu-elukan masyarakat Indonesia karena prestasi luar biasanya dalam laga sepakbola Sea Games 2011. Keberhasilan Garuda Muda itu, tak pelak lagi membuat Rahmad darmawan sang pelatih juga menjadi buah bibir masyarakat bola. RD  begitu panggilannya dianggap sukses membentuk sebuah Tim Nasional Indonesia U-23 yang hebat dan produktif. RD yang juga bekas pemain nasional itu dikenal selalu memakai topi dalam setiap penampilannya. Bahkan dia juga mengaku mengkoleksi banyak topi di rumahnya.

Pelatih Persija Jakarta, Rahmad Darmawan, telah dipilih Satlak Prima menjadi pelatih tim nasional U-23 karena dinilai lebih berpengalaman ketimbang kandidat lainnya, Aji Santoso. Drs. Rahmad Darmawan adalah mantan pemain sepak bola Indonesia yang saat ini berkarier sebagai pelatih dalam kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia / ISL. Rahmad saat ini berstatus sebagai pelatih kepala tim nasional Indonesia U-23.  RD adalah Alumnus jurusan Kepelatihan di Fakultas Pendidikan Olah Raga Kesehatan IKIP Jakarta tahun 1990.

RD  mengawali karier sepak bolanya di Pekan Olah Raga Nasional ke-11. Saat itu Rahmad bermain mewakili Provinsi Lampung. Tahun 1986, Rahmad kemudian terpilih menjadi pemain Timnas U-23. Lalu sempat menjadi bintang Persija Jakarta, sebelumnya akhirnya bergabung dalam Timnas Senior di SEA Games Kuala Lumpur, Malaysia, pada 1989.
Pada tahun 90-an Rahmad mendapat tawaran bergabung dengan PS ABRI. Dia masuk sekolah perwira militer wajib di Matra Laut untuk kemudian melatih tim sepak bola Angkatan Laut hingga saat ini.

RD berbekal berberapa pendidikan kepelatihan seperti  pendidikan S1  jurusan Kepelatihan di Fakultas Pendidikan Olah Raga Kesehatan IKIP Jakarta tahun 1990. RD juga mengikuti ilmu kepelatihan dengan mengikuti kursus License AFC tahap A, B , dan C. Pada tahun 2003 RD mengikuti Conditioning Coach of football Malaysia. Pada tahun yang sama RD  mengikuti Internasional Coaching Coach di Jerman.

Karier RD terus membumbung. Dia sempat sukses membawa sejumlah klub, seperti Persikota Tangerang, Persipura Jaya Pura, Sriwijaya, dan Persija meraih prestasi tingkat nasional. Tangan dingin dan sikap hangatnya menjadi salah satu formula khusus dalam melatih. RD juga dikenal sangat tegas dan disiplin. Ketegasannya dalam memberi sanksi tak bisa ditawar lagi. Disiplin dan ketegasannya ditunjukkan saat  ia mencoret Irfan Bachdim yang tidak disiplin dari Timnas U-23. Kendati banyak dipuji, pelatih berusia 45 tahun itu tak cepat puas dengan beragam prestasinya.

Inilah Karier Kepelatihan rahmad darmawan

Karier Pelatih:

  • Asisten Pelatih Timnas Piala Tiger 2002
  • Pelatih Persikota 2003
  • Pelatih Persipura 2005
  • Pelatih Persija 2006
  • Pelatih Sriwijaya FC 2007
  • Pelatih Persija 2010
  • Asisten Pelatih Timnas pra-Piala Dunia 2014
  • Pelatih Timnas U-23 sekarang

Prestasi Dalam Karier Kepelatihan

  • Juara Liga Indonesia 2005 bersama Persipura
  • Juara Copa Indonesia 2007, 2008, 2009 bersama Sriwijaya FC
  • Juara Liga Indonesia 2007 bersama Sriwijaya FC

About 3setiyanto

Lahir di lereng lawu, Dekat kebun Teh dan Kopi tapi barubelajar cara menikmati Teh dan Kopi

Diskusi

Belum ada komentar.

tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 475,480 hits

my facebook

terbanyak dibaca

%d blogger menyukai ini: