//
you're reading...
macem - macem

Tingkatan seorang Hamba versi.. kyai Sudrun Fie Makani Fil Ardi


Manusia itu sejatinya mempunyai derajat sesuai dengan yang di upayakannya sendiri.
Alloh hanya membuatkan prasarat dan garis aturan yang boleh di bilang pakem.. walau semua pada akhirnya Dia berkata jika “Dia Meridhoi”, atau jika Dia menunjuki”, atau “atas kehendakNya”, Kun fayakun..

Dia meridhoi hanya kepada hambanya yang berbuat tertentu, Dia memberi petunjuk juga khusushan mahkluknya.. bahkan Kun fa yakun pun juga untuk suatu kejadian yang bermanfaat.. Bukan seperti kita berbuat dengan menghabisakan daya,usaha dan dana besar sekalipuin kadang tidak ada manfaat positifnya.

Kembali ke tatanan derajat..
yang paling asor alias bawah dari manusia adalah orang yang mengerti aturan Allah/ dien/ agama namun tidak mengimani.. orang ini akan berada di dasarnya derajat mahkluk.
hidupnya penuh kesombongan.. tidak hanya sombong dengan sesama bahkan sombong terhadap Tuhan.. Sering orang ini meremehkan aturan Alloh..bahkan menentang atau membelokkan. Tidak ada iman di hatinya walau tahu akan ajaranNya.

Yang kedua orang yang tidak mengetahui dan belum medapatkan hidayah iman..wajar. tugas kita memberi tahu hing sampai berita ini kepada mereka

Tingkatan berikutnya orang yang mengerti aturan tuhan dan beriman.. tetapi kadang2 melanggar, Ini yang sering di bilang Manusiawi. Dengan memperbanyak amalan ibadah insyaalloh lebih sering berbuat baiknya dari[pada melanggar, berkumpullah dengan hambaNya yang sholeh agar semakin baik.

yang berikutnya mengerti aturanNya, beriman dengan melakasanakan ibadah standar.. (waajib nya saja). Tingkatan ini lumayan tinggi jika dijalankan istiqomah..walau wajibnya saja

Berikutnya akan lebih tinggi jika di tambah amalan sunnah qiyamul lail dan sholat duha, plus banyak sodaqoh.. atau salah satunya

terakhir jika ditambah dengan memperbanyak shoum sunnah… Masyaalloh tingkatan tertinggi dari derajat mahkluknya yang secara dhohir terukur bisa diraih….

jika istiqomah yang terakhir atau no 2 yangterakhir dilaksanakan sepanjang hidupnya, insyaalloh tidak ada kesukaran dalam hidupnya, selalu datang Pertolongan Alloh dalam keadaan apapu.. insyaalloh.
wallohua’lam

About 3setiyanto

Lahir di lereng lawu, Dekat kebun Teh dan Kopi tapi barubelajar cara menikmati Teh dan Kopi

Diskusi

Belum ada komentar.

tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 475,480 hits

my facebook

terbanyak dibaca

%d blogger menyukai ini: