//
you're reading...
macem - macem

Nonton Pekan Olahraga dan Seni Assalaam POSA ke-25


Sudah menjadi tradisi di PPMI Assalaam Kartasura-Solo tiap habis Ujian tengah semester I diadakan acara POSA: Pekan Olahraga dan Seni Assalaam. Tahun ini menyentuh angka 25 atau seperempat Abad kegiatan ini secara kontinyu dilaksanakan.

Sayangnya saya hanya berkesempatan mengunjungi ketika acara akan berakhir pada hari jumat 26 oct 2012 lalu. Sebenarnya acara ini sudah dibuka seminggu sebelumnya.

Melihat begitu gegap gempitanya suasana saya yakin energi maximum anak-anak tersita banyak untuk penyelenggaraan acara ini, entah bagaimana mereka membaginya dengan persiapan Ujian tengah semesternya.  Bagi yang mau ikut lomba tentu sibuk dengan mempersiapkan team nya ataupun yang jadi team panitia penyelenggara tentu padat dengan acaranya. Sedangkan ustads2nya hanya memantau dan sebagai pembina saja. Ide bagus untuk membina kemandirian anak-anak.

Acara ini melibatkan kelas I s/d IV (1 SMP sd 1 SMA) plus kelas takhasus (persiapan SMA). Sedangkan kelas dua SMA (kl 11) bertindak sebagai panitia penyelenggara.

Dana mereka sandang bersama plus beberapa sponsor dari luar seperti Solopos, Sosro, Mandiri, Pemda..etc

mereka juga menjual Pin, Kaos dll untuk menyemarakkan acara ini.

posa

Untuk anakku aku mencatat beberapa point yang bisa di hilight dan bisa dijadikan pelajaran:

Yang perempuan yang sekarang kelas IV, saat itu ia begitu antusiasnya ketika diadakan recruitmen AMSUS/ PASUS sebuah pasukan kusus atau biasa disebut unit Pramuka, di Assalam ini sampai diadakan seleksi untuk mengikuti extra yang dianggap favorit untuk Santri putri ini. Coba di SMA-SMA lain/ SMA negeri pasti dikasih hadiah pun jarang yang mau daftar PRAMUKA. Jaman saya dulu yang aktif pramuka malah diketawaain. Di PPMI Putri Pramuka termasuk kegiatan Favorit. Seleksi pertama anakku gagal di tahap akhir, begitu bersedihnya waktu itu. Karena dia langsung curhat ke aku. Aku bilangin gak masalah toh masih banyak kegiatan yang lain yang bisa ia ikuti..ee karena ada anggota lain yang ternyata  digugurkan lagi di hari berikutnya anakku dinyatakan bisa diterima (yang nyeleksi yaa kakak kelasnya KL V). Betapa bahagianya dia..langsung semangat sekali untuk mengikuti kegiatan itu, karena juga ada kegiatan besar di unit ini yaitu mengisi Puncak acara penutupan POSA. Sehingga hari2nya sering dilaluin dengan latihan pementasan UNIT pramuka. Kayaknya kakak kelasnya selalu menjaga nama besar unit ini agar tidak mengecewakan saat pementasan. Selama persiapan anakku beberapa kali ijin latihan karena Istriku kadang menjenguk pasa saat latihan. Hal ini mungkin dianggap biasa bagi anakku karena toh dia sudah hapal gerakan2 pementasan, tanpa sadar jika kebersamaan dan kerjasama dalam Unit ini yang yang utama.

Alhamdulillah acara pementasan pramuka ankku berjalan lancar.. saya lihat gerakan2 kolosal yang lebih dari 20 macam formasi selama lebih 30 menit tidak ada gerakan yang salah. Serasi dan kompak.. sampai bubar pementasan saya tunggu lama gak balik2 karena kayaknya ada brifing setelah pementasan…

afipramuka

Posisi di depan-tengah bawa tongkat adalah Afifah my 1st daughter

Dan siangnya ketika aku jenguk untuk bawaain makan siang dari luar ia kelihatan murung.. “Pak aku pengin liburan keluar.. aku gak seneng disini…”. dia mulai berkata2. “Kenapa Fi, kok gitu sih”, selidikku. “Aku dikeluarin dari AMSUS (pramuka) katanya aku sering ijin latihan, padahal aku seneng banget disitu”jawabnya sedih. “Oo gitu.. ya gak masalah lah kan banyak kegiatan lain..” jawabku menghibur. Aku juga merasakan betapa terpukulnya dia, habis persiapan acara yang begitu melelahkan dan ditutup dengan pementasaan yang mendebarkan tanpa ada kesalahan,.. tiba2 dapat surat pemecatan.. Hebat sekali Pramuka PPMMI Putri assalaam ini, tidak ada kompromi dan rasa belas kasihan. Aku yang sudah berumur mungkin tidak akan sampai untuk menelusuri jalan pikiran anak2 Muda ini, tapi aku berusaha ambil sisi positifnya.

“nduk Seperti itulah kehidupan.. kadang2 ktia gagal, kadang kita tidak bisa menerima ketika ternyata orang lain tidak bisa menerima apa yang telah kita lakukan, karena memang apa yang kita lakukan tidak maksimum. Dan juga kamu juga ada kesalahan kenapa beberapa kali latihan kamu tidak hadir bukan kah temanmu merasakan capek yang sama dengan kamu. Kamu harus terima.. Nanti kalau sudah di kehidupan yang nyata juga seperti itu..gagal sudah menjdai hal yang lumrah tapi mengambil hikmah dari kekgagalan itulah yang luar biasa.” aku berusaha menghiburnya.
“Tapi kalau tahu aku di keluarin kenapa gak dari kemarin2, malah aku disuruh beli baju baru seragam pula.. dengan enaknya ukhti (kakak) bialng yan disimpan saja..” jawab anakku sewot.. Aku sepenuhnya mengerti betapa gondok nya perasaan anakku.
“gak apa2 coba daftar kegiatan yang lain.. toh pementasan kemarin juga berhasil lancar..”..
selanjutnya aku berusaha bicara hal yang lain agar anakku bisa segera melupakan kecajidan itu….

Untuk Anakku yang cowok kelas 2..

the avanger

POSA 25 PPMI assalaam

No 2 dari kiri bebaju ala superman adalah hakeem anakku yang kedua.

Pertama aku buka webnya assalaam aku dah lihat gambar ini, aku sudah kira kira kok ini mirip anakku hakeem.. tapi batinku.. ah mana mungkin Anakku mau di dandanin kayak gitu. Di foto aja gak mau.. malu katanya. seminggu aku lihatin terus gambar ini.. kok kayak si Hakeem.. tyapi tetep saja batinku mengatakan.. “ah hakeem bakalan gak mua berdabndan kayak gitu”..

Sampai pas pulang ke solo untuk liburan idhul adha aku tanyain ke istri, “kok di web nya assalam ada photo mirip hakeem pakai baju superman..”. Istriku menjawab”Ya.. memang itu hakeem..dia tampil di acara pembukaan POSA..”. “surprise..” bener2 kejutan bagiku. Maka ketika ketemu anakku aku tanya benarkah? siapa yang dandanin dsb…

“Iya itu aku.. teman ku pengarah gerakannya menyuruh usahakan semirip2nya Superman. Maka aku pinjam Handuk merah temanku untuk Jubah, pinjam kaos itali lengan panjang dibalik, pinjam celana dalam yang Merah (hehe..) terus sabuk pinjam teman yang ikut tapak suci. celana training biru dan kaoskaki bola juga pinjam… Semua pinjaman.. hehe..” batinku ” kok gak malu.. hebat “.

Untu acara lomba juga hal lucu lagi, lomba lari sprint yang Anakku favorit juara juga terlewatkan karena ia tertidur.. waktu itu karena acara mulur dia balik kekamar dan istirahat sampai tertidur..akhirnya  wesss terlewat acara lombanya, dia di diskualifikasi. Tapi untuk lompat jauh dia masih juara I.

Di akhir acara yang sempat aku menyaksikan Hakeem memperebutkan juara III tarung Bebas ala silat.. Dia ikut silat Teratai emas sejenis kungfu dari Butong China pegunungan tibet, walau sudah nynonyor bibirnya di perempat FINAL dia tetap bersemangat..untuk maju terus. walau gagal di semi final melawan kelas IV.. dan akhirnya juga gagal memperebutkan juara III melawan kelas IV juga..

Gak masalah Le yang penting kamu punya keberanian walau gagal Juara.. Tapi kamu gak takut sakit..rela menderita dan GAK PEMALU LAGI…

inilah kisah pointku di POSA25 assalaam yang bisa dijadikan pelajaran.
semoga bermanfaat

About 3setiyanto

Lahir di lereng lawu, Dekat kebun Teh dan Kopi tapi barubelajar cara menikmati Teh dan Kopi

Diskusi

Belum ada komentar.

tinggalkan pesan

Blog Stats

  • 475,147 hits

my facebook

terbanyak dibaca

