//
CO-CREATION New Wave Marketing by Hermawan KJ

Bagian 71 dari 100
“Chicago Crime Scene” from Domino’s Pizza
Senin, 10 November 2008 | 06:03 WIB


st1-:*{behavior:url(#ieooui) }

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-style-parent:””;
font-size:11.0pt;”Calibri”,”sans-serif”;
mso-fareast-“Times New Roman”;
mso-bidi-“Times New Roman”;}
MAU order pizza yang namanya “Chicago Crime Scene”? Atau mungkin mau order pizza lainnya: “Viking”, “Big Dog”, “Ciao Bella!”, “Marks Monster”, “Happy Birthday Aaron”, “Filthy” atau “Rhonda Half Doug Half”? Jangan heran, nama-nama pizza yang aneh-aneh itu memang ada sungguhan. Nama-nama pizza itu didaftarkan pelanggan Domino’s Pizza di Amerika untuk mengikuti program promosi Big Fantastic Deal (BFD) Builder.

BFD Builder ini memang merupakan salah satu kampanye yang dilakukan oleh perusahaan yang berlogo kartu domino itu. Domino’s Pizza yang didirikan pada tahun 1960 oleh Tom Monaghan ini sendiri sudah lama terkenal dengan positioning-nya sebagai 30-minute delivery pizza. Sejak tahun 1973, perusahaan pizza yang berkantor pusat di Ann Arbor, Michigan ini memang memberikan jaminan bahwa pelanggannya akan menerima pizza mereka dalam waktu kurang dari 30 menit sejak pemesanan, atau pelanggan akan mendapatkan pizza secara gratis.

Nah, dengan adanya program BFD Builder, Domino’s Pizza seakan menambah satu lagi keunggulan daya saing mereka. Kampanye marketing ini memang cukup unik. Di sini pelanggan bisa memesan pizza secara online dan mengombinasikan isinya sesuai pilihan mereka, lalu memberikan nama pizza tersebut sesuai keinginan mereka sendiri. Pelanggan bisa memilih sendiri jenis pinggiran (crust)-nya dari empat jenis yang ada, apakah mau hand-tossed, brooklyn, thin crust atau deep dish. Kemudian ukuran saus dan kejunya, apakah mau light, regular, atau ekstra. Lalu topping-nya sendiri bisa memilih apakah mau diisi ham, pepperoni, bacon, beef, jamur, nanas, bawang, dan sebagainya. Banyaknya isian topping ini juga bisa diatur, apakah mau di separuh pizza saja atau mau di seluruhnya.

Setelah itu, pelanggan memberikan nama terhadap pizza hasil racikannya itu dan mendaftarkannya ke database Domino’s Pizza BFD. Pelanggan yang lain bisa melihat dan juga memesan dari database pizza ini secara online. Pelanggan bisa mengurutkan namanya berdasarkan tingkat popularitasnya, urutan terbaru, atau secara alfabetis. Pada database itu juga bisa ditelusuri berapa banyak orang yang telah memesan masing-masing pizza itu secara real-time. Hebatnya, pizza ini, apapun kombinasi isinya, harganya tetap (flat rate), yaitu sebesar 10,99 dollar AS.

Kampanye marketing yang dimulai 17 Januari dan berakhir 27 Januari 2008 ini memang sangat unik dan mampu menghasilkan lebih dari dari 13 ribu nama pizza! Pemenangnya sendiri—yang dipilih oleh tim juri dari karyawan Domino’s Pizza berdasarkan nama dan kombinasi isi yang paling kreatif—akan mendapatkan gift certificate senilai 500 dollar AS. Pelanggan juga banyak yang tertarik mengikuti program ini karena situsnya sendiri juga sangat menarik dan mudah dimengerti. Ada gambar pizza yang akan berubah-ubah sesuai racikan yang kita buat. Situs yang dirancang agency kenamaan Crispin Porter + Bogusky (CP+B) ini bahkan memenangkan medali perak Cyber Lion untuk kategori websites and microsites di Festival Iklan Internasional Cannes Lion yang ke-55 lalu.

Nah, inilah contoh Co-Creation. Pelanggan terlibat langsung secara aktif dalam proses pembuatan produk yang mereka konsumsi. Lewat program BFD Builder ini, proses pembuatan produk tidak lagi menjadi monopoli produsen semata. Pelanggan tidak lagi tidak bisa berbuat apa-apa dan tinggal menerima saja produk yang disodorkan. Pelanggan bisa menentukan sendiri produk seperti apa yang ingin mereka konsumsi.

Terjadilah proses horisontalisasi yang merupakan ciri-ciri New Wave Marketing. Perusahaan sendiri di sini peranannya lebih ke fasilitator. Kreativitas pembuatan produk diserahkan kepada pelanggan, terserah apapun yang mereka inginkan. Dan, karena pelanggan bisa memberikan nama kepada pizza hasil racikannya itu, ikatan emosional yang terjadi sangat kuat. Pelanggan memiliki sense of belonging dan sense of ownership terhadap hasil kreasinya itu karena merupakan “bayinya” sendiri.

Perusahaan sendiri di sini diuntungkan. Dari sisi sumber daya manusia misalnya, tidak diperlukan chef pizza untuk meracik menu-menu pizza yang kreatif. Jangan lupakan juga bahwa pelanggan lainnya bisa menikmati kreativitas racikan menu itu. Pastinya akan muncul rasa bangga kalau melihat orang lain bisa ikut memesan pizza yang telah kita buat. Kreativitas memang jadi kunci di sini. Kalau Domino’s Pizza sekadar ingin menambahkan menu, bisa saja jaringan pizza terbesar kedua di Amerika ini membuatnya sendiri seperti biasa, tanpa perlu melakukan kampanye BFD Builder tadi.

Era New Wave Marketing memang akan semakin ditandai dengan kehadiran Co-Creation yang dinamis, interaktif, dan multi-sumber; yang akan menggeser produk yang statis, satu arah, dan satu sumber.

— Ringkasan tulisan ini bisa dibaca di Harian Kompas —

Diskusi

6 thoughts on “CO-CREATION New Wave Marketing by Hermawan KJ

  1. wirklich easyin verbessern, ein grundlegendes schwarz pen Kleid für eine Reikhe von
    Jahre sowie zusätzlich Mäntel jährlich.
    von Dermeine sehr geehrten Damen die Suchefür Wasist Dertrend, genau das,
    wasist on Kauf und wasder bevorzugte Superstar ist auf, Männer würde Wunschin wählen Siefür Was auch immer sie in ähnlicher Weise zu und darüber hinaus
    genau das, wasSie weiß wird für Kunden Better.
    polo Lacfoste modifizierte die verschiebenvon Komfort zusätzlich sowie carein jeder größten
    Details, Koreanisch Zubehör diesealsGraffiti
    Leggings und groß Schmuck piecies außerdem
    Anwendung Punktin Erscheinungsbild. (FIDM ist besonders bevorzugte daLauren Conrad Celebritycon
    DerWirklichkeit Fernseher shjow Jeder bergen, war gefilmtunter
    Klassen gibt es seit kurzem gibt es.

    Posted by gov.za | Oktober 11, 2013, 12:32 am
  2. faux sacs de topqualité semblent exactement les mêmes
    parce que du réelle aujourd’hui. c’est certainementévidemment
    le démarrage vitalchose afashion designer exigences
    comme partie de leurarsenal. le big coiffure tendance
    ces jours est effectivement pleinswing dans le
    cadre de l’Europe et est effectivement juste démarrage à propagation dans le ÉTATS-UNIS.

    Posted by epc5030.sakura.ne.jp | Agustus 6, 2013, 1:04 pm
  3. le sien très premièrement awesome accomplissements, qui été le le coup de maître, le le coup
    de génie, j’aimerais entendre parler du creation de l’Aviateur d’Interdiction de Ray légendaire, ce particulier great. safeguard le novice la lumière du soleil a tendance à être la main s’est assemblée passé les cadres, et aussi regardless le instances ou peut-être nettoyant tissu, tous seuls is conçu et aussi créé à.

    Sold avec la façon d’un la boîte full protection donc en plus allow vous garder votre les lunettes la partie d’en la condition
    exceptionnelle pour l’hors during un le ski la vacances par exemple.

    Posted by www.garbolino.fr | Juni 5, 2013, 7:24 pm
  4. Your way of explaining the whole thing in this article is genuinely
    good, all be capable of simply be aware of it, Thanks a lot.

    Posted by Chattanooga Homes For Sale | Mei 20, 2013, 11:23 pm
  5. The most commonly recognized brick is actually a reddish clay-based and sand combination that might have the hole within the middle of it.
    Brick pavers can be made of clay, shale, smooth slate, calcium silicate, concrete, or
    perhaps shaped after quarried rock. Molding is highly desired by numerous customers, and can create a particular area look more
    created. The excellent method to get a powerful employment being a bricklayer is by completing an
    apprenticeship plan.

    Posted by wagingnonviolence.org | Mei 20, 2013, 9:36 pm
  6. Typical symptoms of the poorly functioning bowel offer bloating, heartburn, gas, haemorrhoids, constipation, diarrhea and discomfort.

    among the easiest home treatment for candida is
    to avoid the consumption among these things like made better glucose, honey,
    maple syrup and fruit juices. Vaginal yeast infection warning signs tend to be frustrating and can be reduced
    with the definitely one in order to three day Candida treatment available as part of your local drug store.

    Common infections, as part of americans, that are caused by Staphylococcus
    aureus tend to be, skin problems, pneumonia, deep tissue problems, and toxic shock syndrome.

    Posted by candida albicans symptoms | Mei 11, 2013, 8:26 am

tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 475,147 hits

my facebook

terbanyak dibaca

%d blogger menyukai ini: